Mungkin Anda Memiliki Kebahagiaan Yang Lebih

Kadang tidak hanya anda, sayapun pernah merasa kurang cukup atau tidak (belum) menyamai orang lain dalam segala hal. Mungkin ada orang yang lebih bahagia jika anda nilai dari bagian tubuh yang dimilikinya, pekerjaan/jabatan yang dia emban, kekayaan atau benda yang dia raih. 
Usaha yang anda lakukan selama ini seolah-olah tidak ada artinya apabila dibandingkan hasil yang anda peroleh (kesalahan pertama). Anda berpikir ke depannya pasti akan begitu saja dan tidak seindah yang dimiliki orang lain.
Hal-hal seperti ini memang sifat wajar manusia, namun apakah kita harus terbelenggu dan terbudak oleh sifat yang tidak bagus ini. Pasti TIDAK !!! Tidak ada manusia yang ingin berada dibawah bayang-bayang orang lain, namun banyak orang yang tidak berani melepaskan dirinya dari bayang-bayang itu. Sifat bisa diubah, bahkan kebiasaan dan kecanduan yang katanya sulit diubah itu juga bisa dikendalikan. 
Kendalikan diri anda dan coba kembali rewind sebelum anda melihat keunggulan orang yang akan anda bandingkan dengan diri anda. FOKUS, lihat dan renungkan lebih dalam.......

Anggota tubuh anda jauh lebih bernilai dari yang orang lain miliki, seseorang yang memiliki tubuh nyaris sempurna (menurut anda) akan membutuhkan perhatian dan perawatan yang lebih untuk anggota tubuhnya, kecantikan dan ketampanan itu tidak akan bertahan lama, pemiliknya akan sangat ketakutan kalau keindahan yang dia miliki akan hilang atau pudar. Makin peduli seseorang dengan keanggunan bagian tubuhnya makin banyak waktu dan biaya yang terbuang untuk menjaganya. 
Dan yang pasti semakin ingin untuk menonjolkan keindahan yang dia miliki, walaupun menentang Aqidah (seperti membuka aurat atau berlaku sombong), berarti bisa terjerumus ke dosa. Apalagi seandainya untuk menjaga dan memperoleh keindahan anggota tubuh tadi dilakukan dengan cara merubah dan menambah bagian tertentu yang sangat dilarang Sang Pencipta. Mungkin hanya sedikit orang yang bisa menerima keunggulan anggota tubuh seperti itu, tidak ada yang seindah kecantikan alami. 
Disini letak lebih bernilainya anggota tubuh anda. Anda cukup melihat di depan cermin yang besar yang bisa melihat seluruh bagian tubuh anda dari atas sampai ke bawah. Apa anda perlu mengeluarkan biaya dan waktu lebih (selain perawatan normal) untuk memelihara tubuh anda? Apakah anda harus memunculkan aurat dan berlagak sombong agar dibilang cantik atau gagah? Apakah anda mau membuang bagian tubuh atau menambah benda asing ke dalam tubuh anda yang beresiko merusak anggota tumbuh anda di masa depan atau malah menjadi pencetus tumbuhnya kanker? Tentu TIDAK bukan, bayangkan berapa biaya yang akan anda hemat dan betapa panjang usia tubuh anda apabila tidak dirusak. 
Apakah itu bukan suatu kebahagiaan, dan yang terpenting apakah pernah pasangan anda mengatakan jelek??? Saya yakin tidak, hanya pasangan yang kurang ajar dan tidak mencintai anda yang mengatakan itu.

Dia memiliki pekerjaan dan jabatan yang bagus (sekali lagi menurut anda) dan menghasilkan banyak uang, sehingga dia bisa membeli dan melakukan apapun yang dia mau, sehingga dia akan lebih bahagia dibanding anda (apa benar?). Seseorang hanya sanggup berusaha keras dan berdoa, selanjutnya Dia yang akan menunjukkan jalannya, rezeki setiap manusia itu tidak sama, rezeki di dunia hanya cobaan, amalan ibadahlah yang membedakan manusia dimata Tuhan. Mungkin kalimat tersebut sudah sangat sering anda dengar, tapi itu BENAR. 
Kadang sekeras apapun anda berusaha dan bekerja, sekuat apapun anda beribadah dan berdoa. Mungkin anda belum tentu sesukses dan sekaya seseorang mungkin yang tidak pernah sholat, tidak bisa mengaji, bahkan tidak tahu lokasi mesjid (tempat ibadah) di sekitar lingkungan tempat dia tinggal. Coba anda lihat banyak gak orang (yang menurut anda) perilakunya cenderung bejat malah berhasil??? 
Jujur, sekarang kita kembali ke hal tadi. Pekerjaan atau jabatan anda sebenarnya adalah cerminan dari seberapa kuat usaha dan impian anda. Seandainya anda telah berusaha lebih didampingi dengan doa yang kusyu', tidak akan mungkin Tuhan akan melupakan anda. Anda akan berkecukupan sesuai dengan apa yang anda dapat. Mungkin anda cukup nyaman dengan pekerjaan saat ini, dengan waktu yang masih cukup untuk berkumpul dan bercengkerama dengan keluarga anda, anda bisa berekreasi dengan mereka, anda bisa tidur nyenyak di malam hari. Bagaimana dengan orang yang punya pekerjaan lebih "hebat" dan sangat "menghasilkan", belum tentu dia memiliki waktu yang cukup untuk keluarganya, belum tentu dia tenang dengan pekerjaannya atau tenang dengan hari esok. Belum tentu dia bisa tidur nyeyank di malam hari, dan yakinkah anda dengan kekayaan harta yang dia miliki, bisa dia nikmati saat ini? belum tentu. Disini satu lagi letak kebahagiaan anda dibanding orang yang anda lihat.

Untuk memahami sebenarnya betapa bahagianya anda dibanding orang lain, lihatlah ke bawah, jangan keatas:
Berbahagialah anda punya banyak anak dengan beragam jenis kelamin dibanding pasangan yang punya dua anak berjenis kelamin sama. Berbahagialah anda yang punya dua anak dibanding yang memiliki satu anak. Berbahagialah anda yang memiliki anak daripada pasangan yang tidak punya anak. Berbahagialah anda yang belum dikarunia anak dan memiliki banyak waktu mengenal pasangan anda dibanding orang yang single/tidak punya pasangan. Berbahagialah anda sebagai seorang single yang sehat dan memiliki pekerjaan yang bagus dibanding seorang single yang masih pengangguran. Berbahagialah anda sebagai seorang yang single pengangguran dibanding orang yang cacat organ tubuhnya. Berbahagialah anda menjadi orang yang cacat anggota tubuhnya dibanding seorang peminta-minta. Berbahagialah seorang peminta-minta dibanding seseorang yang sadar berbuat jahat untuk menghalalkan segala cara. Berbahagialah seorang penjahat karena diberi waktu untuk bertobat jika dibanding orang yang sudah mati dan menyesalkan semua perbuatan yang telah dilakukan di dunia. Bisa anda liaht bahwa posisi anda lebih bahagia dianding orang di bawah anda.

mohon maaf kalau fotonya menggambarkan wanita, bukan memaksudkan jenis kelamin tetapi ini hanya ilustrasi

image from google

0 comments:

Post a Comment